Sul-Teng Memanggil Kita Bersyukur Lahir dan Bathin

86 Views

Sul-Teng Memanggil Kita Bersyukur Lahir dan Bathin

Ahad, 4 Nopember 2018 adalah hari kedua kami mengunjungi saudara-saudara kami korban gempa Sulawesi Tengah, yang meliputi Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Mereka tinggal di tenda-tenda pengungsian. Tenda-tenda itu beratapkan terpal, ada yang berwarna polos, ada pula yang bertuliskan lembaga-lembaga pengirim donasi. Tak hanya tenda, kami juga menemukan masjid-masjid darurat beratapkan terpal dengan tiang-tiang kayu, dan terpal pula sebagai alasnya.

Tentu kita akan merasakan panas bila kita tinggal di tenda-tenda pengungsian, atau shalat di masjid-masjid darurat itu. Belum lagi kalo siang hari, udara yang menemani cukup panas, disertai kondisi tanah bertekstur lempung berdebu (Silty Loam).

Sungguh bersyukur kita yang selama ini tinggal di rumah yang kokoh, nyaman dengan AC ataupun kipas angin di setiap ruangan. Sebagaimana kita pun bisa shalat di masjid-masjid yang nyaman, berlantaikan keramik atau marmer dan ber-AC. Maka, melalui Mushibah ini, sejatinya Sul-Teng menyadarkan dan mengajak kita untuk mensyukuri Nikmat Allah ini, baik Nikmat Zhahir ataupun Nikmat Batin. Allah mengingatkan kita dalam Firman-Nya pada Surat Luqman, Ayat 20.

أَلَمْ تَرَوْا أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً ۗ

Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin.

Nikmat Lahir /
(نعمةظاهرة)

Nikmat Lahir adalah semua yang bisa dirasakan oleh lima anggota panca indra.

ما أدركه الإنسان بالحواس
الخمس

Diantaranya adalah kenikmatan berupa makanan, minuman, tempat tinggal dan sebagainya.

Nikmat Bathin /
نعمة باطنة

Nikmat Bathin adalah Nikmat yang bisa dirasakan oleh manusia dengan hati dan iman.

ما أدركه الإنسان بالقلب والإيمان

Diantaranya adalah kenikmatan berupa ketentraman hati, kekhusyuan shalat, ketaatan, dan sebagainya.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِك

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu. (HR. Muslim 2739).

Ust Iqbal Subhan Lc. MA.
Sigi, Sul-Teng 4 Nop 2018.

 

No comments