Wakaf Sumur Untuk Panti Yatim dan Dhuafa di Kasimbar Parigi Moutong Telah Mengalir

96 Views

Alhamdulillah alat-alat sumur bor sudah tiba sepekan lalu di lokasi Pesantren Yatim dan Dhuafa Idharatul Ummah Kasimbar Sulteng. Meskipun tidak terdampak langsung bencana Pesantren yang berada di kecamatan Kasimbar Kabupaten Parigi Moutong ini adalah salah satu pesantren yang bangunan asramanya roboh akibat gempa 7,8 SR yang berpusat di Donggala.

Selain itu puing-puing reruntuhan bangunan akibat gempa juga mengganggu pipa air sumur yang biasa digunakan sebelumnya.
Sehingga pasokan air terganggu untuk beberapa hari. Walhasil, pengeboran sumur berbuah hasil yang memuaskan dengan kedalaman sumur sedalam 3 pipa atau setara 12 meter dengan debit sumber air yang cukup jernih.

Program pembangunan wakaf sumur ini adalah inisiasi Tanmia Foundation di masa transisi bencana untuk membantu merecovery para korban yang terdampak pasca bencana gempa dan tsunami dahsyat pada 29/9/2018.

Pesantren Yatim Dhuafa Idharatul Ummah ini terletak di pesisir pantai timur Sulawesi Tengah yang menghadap langsung dangan lautan luas Selat Tomini. Dengan ikhtiar dan usaha yang tak pernah menyerah para relawan serta keikhlasan pengorbanan para donatur muhsinin inshaAllah pahala akan terus mengalir kepada para muhsinin selama sumur ini mencukupi semua keperluan kebutuhan air di pesantren yatim & dhuafa sampai tidak ada batasan waktu.

“Atas nama pengurus dan keluarga besar Pesantren Yatim & Dhuafa Idharatul Ummah Kasimbar mengucapkan Jazakumullahukhairan dan keberkahan rizki pada semua pihak yang telah membantu khususnya Tanmia Foundation”, tutur Ustadz Umar Al-Faruq seusai pengoperasian sumur bor yang sudah siap digunakan.

Penggunaan sumur bor ini inshaAllah mencukupi kebutuhan untuk keperluan kegiatan pendidikan, asrama dan dapur pesantren.
Berdiri sejak dua tahun lalu pesantren yatim & dhuafa ini telah menampung sejumlah 10 santri dan beberapa asatidzah yang langsung tinggal membersamai mereka selama 24 Jam.

Pihak pesantren terutama para santri sangat antusias menyambut hadirnya sumur air yang sudah mereka nanti – nantikan pasca bencana yang mereka alami. Pilihan membantu adalah pilihan selera dan terserah pada diri masing-masing siapapun kita.

Pilihan wakaf sumur ialah bagian dari solusi membantu kebutuhan air dimana manfaatnya langsung bisa dirasakan saat memberi dan inilah perasaan kepuasan batin tersendiri. Dan inilah sebenarnya kebahagiaan sejati sekaligus mengumpulkan pundi-pundi amal yang kelak berbuah bahagia di dunia dan akhirat. Aamiin…

Ali Azmi
Relawan Tanmia
Palu Sulteng

No comments

Kirim Email