Tanmia Distribusi Perlengkapan Sekolah, Anak-Anak korban Tsunami Kebali tersenyum

65 Views

Tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung bukan saja menjadi pemandangan memprihatinkan bagi para korban yang meninggal atau kehilangan kerabat keluarganya saat berada dilokasi. Anak-anak sekolah pun harus diliburkan untuk beberapa saat karena sekolah dan beberapa fasilitas pendidikan yang ada juga terdampak musibah tsunami di Sumur Pandeglang.

Seiring berjalanya hari dan waktu dilokasi relawan Tanmia Foundation juga mendapatkan informasi tentang keberadaan sekolah yang terisolir lainya yang juga terdampak air gelombang pasang pasca tsunami.

Alhamdulillaah, bersama warga setempat tim Tanmia Foundation akhirnya mengunjungi sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda di Kampung Rancecet Desa Rancapinang Kec. Cimanggu Ujungkulon Pandeglang. Perjalanan memakan dua jam dengan kondisi jalan berlumpur untuk bisa menuju Rancecet dari pesisir Kec. Sumur Pandeglang.

Berdasarkan informasi warga setempat banyak para pengungsi pesisir yang membawa anggota keluarganya sampai ke bukit-bukit yang lebih tinggi agar aman untuk sementara waktu di Ujung Kulon.

Mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah Al-huda adalah sebuah perjuangan dan kebahagiaan para relawan. Bertemu dengan keceriaan para siswa-siswi yang tetap bersabar dan bertahan dengan segala keterbatasan di tempat yang jauh dan sulit untuk dijangkau apalagi kegiatan belajar mengajar mereka sempat tersendat lumpuh beberapa saat akibat darurat bencana.

Belum cukup di sini saja kendati sekalipun berdiri sejak 2009 namun MI Al-Huda sampai saat ini hanya memiliki 3 lokal kelas sederhana saja ‘alakullihal bisa dipakai untuk kegiatan belajar mengajar saja sudah bersyukur.

Seringnya kelas yang terbatas ini harus dipakai saling bergantian untuk keperluan anak-anak kelas jauh sehingga harus bersabar dengan kondisi yang ada.

Melihat kondisi hal tersebut, Tanmia Foundation bersama-sama dg tim relawan dan warga setempat berinisiatif menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah. Sebanyak 80 siswa-siswi reguler dan kelas jauh mendapatkan perlengkapan sekolah berupa alat tulis, buku, alquran, hijab dan aneka perlengkapan lainya.

“Alhamdulillaah, bantuan ini sangat berkesan di hati para murid dan pihak pengelola sekolah, apalagi keadaan sekolah yang sangat sederhana dan lokasi yang jauh sulit dijangkau mustahil untuk dikunjungi kecuali semua karena kehendak Allah Ta’ala saja” ungkap syukur Ustadz Fatoni selaku pengelola sekolah. Di waktu yang sama, bersama Posko kemanusiaan relawan lokal juga berinisiatif berbagi keceriaan ditengah suasana murid memulai masuk belajar di kelas dengan berbaris meneriakan takbir-takbir semangat dan meniupkan balon mainan untuk mencairkan kepenatan suasana yang selama ini ada.

Pihak pengelola sekolah juga masih berusaha untuk mengembangkan kondisi sekolah yang masih sederhana ala kadarnya agar lebih layak lagi sehingga para murid bisa giat dan tetap melanjutkan belajar meskipun dalam suasana keterbatasan. Sejak berdiri pertama kali 2009, belum banyak perubahan yang ada hanya tiga lokal kelas saja adapun guru-guru pengajar juga masih jauh dari kesejahteraan sehingga sangat dibutuhkan dukungan dari pihak manapun demi mendukung majunya proses pendidikan dan kegiatan belajar anak-anak yang lebih baik.

Di sekolah ini pelajaranya pun variatif dari pelajaran diniyah agama, bahasa inggris, matematika dan kreativitas seni lainya.

“Membantu sekolah ini adalah bagian dari bagian program utama untuk memajukan pendidikan dan prioritas di masa pemulihan bencana yang dilakukan Tanmia Foundation bersama posko kemanusiaan relawan lokal, karena kami sadar bahwa pendidikan anak-anak adalah kebutuhan utama yang harus terus ada dan ditingkatkan kualitasnya dengan penunjang belajar agar menjadi terus lebih baik” jelas Ari salah satu relawan Tanmia yang mengantarkan bantuan.

Kegiatan berbagi ini memberikan kegembiraan tersendiri bagi anak-anak dan membawa perubahan semangat agar tetap optimis dimasa depan. Kondisi ditengah pedalaman dan keterbatasan adalah rangkaian proses ujian dan tantangan kesulitan yang tidak boleh menghalangi mereka untuk tetap belajar. Bantuan yang ada adalah kebahagiaan bagi para muhsinin lantaran balasan pahala yang disemai dan kini saatnya mereka senyum kembali untuk menikmati indahnya belajar ditengah sunyi jauhnya Ujung Kulon.

Ali Azmi
Relawan Tanmia
Banten

🗳 Informasi
🌐 www.tanmia.or.id
📮 info@tanmia.or.id
📞 085215100250
💰 Bank Syariah Mandiri
7117833447
YAYASAN ISLAM ATTANMIA

No comments