Warga Bajo Pesisir Pulau Longos NTT Menikamati Daging Qurban

79 Views

Salah satu sasaran distribusi Qurban Tanmia Foundation selain daerah daratan pedalaman juga daerah pesisir kepulauan yang minim akses. Berdasarkan kriteria tersebut, distribusi hewan juga menjangkau Pulau Longos Manggarai Barat dengan melangsungkan penyembelihan tiga ekor kambing untuk warga kampung Bajo pesisir yang mayoritas nelayan.

Musim angin dan cuaca yang tak menentu membuat para nelayan tidak melaut dan biasanya lebih memilih bekerja serabutan atau menggunakan waktu untuk memperbaiki perahu sampan kayu atau bercocok tanam berladang di semak belukar pulau sebisanya.

Kampung Bajo yang terletak di pesisir pulau Longos ini tergolong minim. Listrik hanya hidup beberapa jam saja semalam sehingga siangnya padam, air kebutuhan konsumsi pun payau dan asin terkadang di beberapa titik pemukiman warga, begitu juga akses jaringan selular hanya ada titik-titik tertentu bisa didapat sehingga komunikasi agak terhambat.

Demikian kondisi masyarakat bajo yang notabene nelayan pesisir yang hidup ala kadarnya, tampak dari rumah penduduk masih terbuat dari belahan bambu yang sudah terkikis lapuk dan lusuh. Selain itu, kesadaran masyarakat akan pendidikan pun sangat rendah. Anak-anak usai sekolah dasar tak jarang membantu melaut kebanyakan dan tidak melanjutkan sekolah setelah  lulus sekolah dasar. Sehingga mereka sudah bekerja untuk membantu orang tua memenuhi nafkah kebutuhan ekonomi keluarga.

Penyembelihan berlangsung mulai ba’da ashar hingga menjelang maghrib. Anak-anak pesisir pun dengan kepolosannya ikut antusias membantu penyembelihan sampai pendistribusian.

” Kaum ibu terbiasa ketika ada idul kurban menyiapkan bumbu untuk selanjutnya memasak daging bersama-sama di tungku tradisional dengan bahan bakar kayu kering lalu mengundang tetangga pesisir makan bersama”, terang Amran kepada crew Tanmia Foundation.

Bagi warga pesisir Bajo Pulau Longos menikmati masakan dari daging kurban bersama-sama adalah suatu kebahagiaan yang mereka nantikan. Teriring doa semoga senyum mereka adalah senyum yang mengantarkan kita bertemu di surgaNya. Aamiin Ya Rabbal alamin.

Ali Azmi
Relawan Tanmia
NTT

No comments