Distribusi Qurban Ke Pedalaman, Tim Tanmia Foundation Berhasil Lulus Uji Rapid Test

200 Views

Hening malam pun masih menyelinap ditengah jalanan ibukota yang mulai sunyi. Namun malam istimewa diawal bulan Dzulhijjah serasa beda, riuh tilawah dan suara hafalan do’a masih terdengar dari pojok ruangan para santri Al Itqan dimana sejak sore mereka membantu persiapan keberangkatan tim Tanmia Foundation untuk distribusi hewan qurban ke pedalaman NTT di daratan Pulau Flores.

Program Qurban Tanmia Foundation adalah program tahunan seperti tahun sebelumnya, yang pada tahun ini 1441 H/ 2020 M ini bertajuk “NTT Berqurban” tebar qurban hingga pelosok negeri, berbagi kebahagiaan untuk kejayaan ummat.

Tim Tanmia Foundation direncanakan akan tiba dilokasi sepekan sebelum pelaksanaan ibadah qurban berlangsung yang dimaksudkan untuk memaksimalkan persiapan dan memanfaatkan peluang waktu yang masih ada, apalagi kondisi saat pandemi ini lika-liku proses perjalanan pun menyita waktu, energi dan fikiran yang relatif tidak mudah. Perjalanan harus mengikuti protokol dan lolos prosedur yang diberlakukan.

Syukur Alhamdulillah, setelah pontang-panting menggali informasi keberangkatan lewat perjalanan via laut, udara dan darat tim Tanmia Foundation memutuskan untuk menempuh perjalanan udara dengan berbagai alasan pertimbangan dan mengikuti protokol perjalanan yang ada.

Jam menunjukkan pukul 00.00 di ibukota, antrean bilik laboratorium Rumah Sakit Kartika Pulomas masih bergantian para pasien penumpang maskapai Lion Air Group yang akan menjalani uji kesehatan dengan rapid test.
Pihak rumah sakit tersebut adalah mitra dari maskapai yang telah bekerjasama untuk melayani para penumpang yang hendak melakukan perjalanan.

Tanpa harus menunggu lama hasil rapid test berjalan dengan lancar, sejam kemudian Tim Tanmia Foundation dinyatakan non reaktif sehingga lulus berkas sebagai salah satu kelengkapan persyaratan dokumen perjalanan.

Apalagi hal ini dilakukan juga untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan hari raya Iedul kurban pada saat penyembelihan dan pendistribusian daging kurban yang akan segera berlangsung.

“Para calon penumpang ini harus mengikuti arahan sesuai dengan protokol kesehatan dengan menjalani rapid test, yang nggak lulus atau reaktif tidak akan diperkenankan untuk berangkat. Surat ini berlaku 14 hari terhitung sejak dikeluarkannya surat tersebut,” ujar dr. Teguh didampingi asistennya yang masih terlihat wira-wiri sibuk di ruangan Laboratorium, Sabtu ( 25/7/2020).

Kenyataan pada prakteknya sebagian kalangan memang memberatkan (protokol kesehatan) pada perjalanan, namun bagaimanapun kita jangan terlalu khawatir, tetap harus waspada dengan mencegah terjadinya wabah dan tidak pernah diam berhenti untuk mengajak peluang kebaikan terutama pada waktu menjelang Idul Adha ini,” jelas Umrawi Ibnulbudain, crew tim distribusi hewan qurban Tanmia Foundation.

Program NTT Berqurban 2020 Tanmia Foundation ini akan menargetkan titik-titik daerah pedalaman NTT dg mendistribusikan kambing dan sapi yg diamanahkan oleh para pekurban. Efek pandemi Covid-19, bukan hal yg menyurutkan niat ibadah masyarakat di sebagian wilayah Indonesia. Biar pun nilainya tak seberapa tapi masih ada nilai kepedulian dari baiknya hati para insan pilihan yang dermawan menyalurkan hewan qurbanya untuk saudaranya di pedalaman.

Qurbanmu adalah jalan dakwahmu yang mengantarkan kebaikan dari sekerat daging yang menggugah para jiwa untuk terus mendekatkan diri pada RabbNya sepanjang hayatnya. Kendaraan amal yang dapat menolongnya hingga akhirat. akan
Kita bisa membeli mobil mewah dan mahal, tapi semua hanya sanggup mengantar ke rumah, kantor, atau tempat tamasya. Akan tetapi, membeli hewan qurban membuat kita memiliki kendaraan yang akan mengantar kita ke surga. Insya Allah, selama keikhlasan, bukan alasan lain, yang menggerakkan.

Berharap masih ada sebait doa yang menguatkan langkah dan menegakan punggung ini untuk berada di rel keistiqomahan dan amal shalih kebaikan. Dengan syiar ibadah qurban berharap raih kejayaan ummat hingga pedalaman.
Mari saling mendoakan..Aamiin

No comments