Tanmia Foundation : Wakaf Buku Menyemai Literasi Ummat Pedalaman Di Tengah Pandemi

194 Views

Inisiatif wakaf buku dan mushaf Qur’an untuk pelosok-pelosok daerah dan pedalaman nusantara dari Tanmia Foundation tengah berlangsung. Ribuan eksemplar buku dalam proses pengiriman menuju pelosok lokasi. Paket seberat 1 ton lebih itu didistribusikan melalui paket ekspedisi wakaf yang akan menyasar ke berbagai daerah, antara lain : Pulau Nias, Medan, Pulau Bais, Pasaman Sumbar, Palembang, Lampung, Probolinggo, Bali, Lombok, Bima Nusa Tenggara Barat, Sikka Maumere NTT, Kupang daratan Pulau Timor, Sulawesi Tengah, Ternate Halmahera, Sorong Raja Ampat, Papua Barat dan Merauke Papua. Isi paket wakaf berupa mushaf Al-Qur’an dan berbagai buku bacaan dengan berbagai judul. Masa Pandemi menjadi peluang amal shaleh untuk menyemai gerakan literasi di daerah pelosok dan pedalaman karena aktivitas belajar mengajar di tengah ummat terisolir. Padahal sisi lain di tengah metropolitan kota banjir informasi dimasa pandemi covid-19 tak terbendung lewat kegiatan skala umum berbasis daring on-line.
Tapi inilah potret yg mungkinkah bisa dirasakan untuk daerah pelosok pedalaman ? Bisakah mereka menikmati kecanggihan teknologi di era digital?

Nyatanya hingga saat ini masih banyak daerah pelosok pedalaman nusantara yang kondisinya masih jauh panggang dari api, di kondisi normal pun kesulitan masih mengganjal aktivitasnya apalagi dikondisi pandemi seperti saat ini.
Selain sinyal tidak stabil, biaya kuota internet menjadi beban, terutama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.
Meski juga sudah ada program belajar di sebagian channel televisi itu pun sulit dijangkau dan tidak semua kalangan memiliki fasilitasnya. Sungguh miris prihatin rasanya.

“Jangankan beli kuota internet, buat beli kebutuhan beras saja susah, jadi walisantri TPQ terkadang harus serabutan kuli apa saja meski lockdown,” ujar Rashid, Guru Madrasah di pesisir Sikka Maumere NTT yang juga mendapatkan wakaf buku untuk Perpustakaan TPQnya (20/7/2020).

“Kami sangat terbantu dengan adanya buku-buku bacaan wakaf dari Tanmia Foundation untuk kegiatan bacaan dan belajar para murid TPQ di rumah masing-masing” Jelas Fauzan pengelola rumah Qur’an di Lebung Gajah Palembang Sumatera Selatan. ( 21/7/2020)

Bukan untuk mengeluh ditengah pandemi tapi setidaknya inisiatif untuk berbagi mengulurkan tangan meringankan beban harus dilakukan.
Jarak dan teknologi bukan kendala yg memisahkan untuk belajar dan tidak berbuat sama sekali.
Jangan lelah berbuat, saatnya bergegas hilangkan kepanikan, kesedihan, dan keprihatinan ditengah umat.
Semoga wabah ini segera berakhir, seiring mengalirnya wakaf ini kepada para muwakifnya.

Barakalallahufiekum

No comments