• Gabung dengan kami

    Raih Amal Jariyah

  • Peluang Jariyah

    23/08/2017

  • Hubungi Kami

    May Help Us

SELAYANG PANDANG PONDOK TAHFIZH AT TANMIA

Ma’had tahfizh At tanmia,telah  berdiri sejak 4 tahun silam pada bulan juni 2013 masehi.

Sebagai sebuah institusi pendidikan non formal yang berupaya dalam berkontribusi kepada agama melalui lembaga pendidikan Al quran yang akan melahirkan para kader da’i-da’i penghafal Al quran yang kami harapkan sebagai tombak kejayaan umat islam di masa sekarang dan yang akan datang.

Adalah sebuah tradisi yang di wariskan oleh para ulama dan shalihin dibalik kejayaan umat islam dalam sejarah peradaban dunia bahwa keberhasilan yang mereka raih tidaklah  lain kecuali berlandaskan kekuatan yang bersumber dari Al quran.

Memulai pendidikan dengan bermodel rumah quran hingga kini menjadi sebuah lingkungan pesantren diatas luas tanah ± ….. serta  berpasilitaskan asrama dan  masjid sebagai sentra kegiatan menghafal Al quran dan pasilitas lain bertaraf sederhana yang kami yakini sebagai aset kekuatan dalam mencetak dan melahirkan para pejuang agama Allah yang siap melayani umat manusia dengan berbagai tantangan yang ada dan bukan melahirkan sosok para du’at yang manja sehingga umat harus melayaninya.

Menginjak pada tahun ke lima saat ini pondok tahfizh At tanmia sudah memberikan ijazah kepada delapan orang siswa/santri yang telah menyelesaikan hafalannya secara sempurna 30 juz dengan rata-rata usia ke 13 tahun.

Berkat komitmen serta pengawasan  yang ditularkan oleh para asatidzah/pengajar dilembaga Ma’had tahfizh At tanmia maka sampai saat ini pendidikan serta proses belajar-mengajar  dapat berjalan dengan baik,dengan jumlah tenaga pengajar kurang lebih 10 orang ustadz.

Ma’had tahfizh At tanmia akan terus berkomitmen dalam memberikan kontribusinya melalui pendidikan menghafal Al quran untuk usia dini sebagai sarana dan bekal untuk membuka pintu ilmu agama islam yang lebih tinggi nan luas lagi.

Sedangkan dari sisi lain pendidikan kami sangat menekankan kerjasama antara para pengurus pondok pesantren dengan wali siswa/santri yang bersangkutan demi terciptanya pendidikan yang saling menyempurnakan sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah lembaga pendidikan anak pada usia dini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR KEPENGURUSAN HARIAN PONDOK TAHFIZH AT TANMIA

Berikut adalah struktur kepengurusan  pondok tahfizh qura’n At tanmia,

Mudir ma’had : Ust. Yana Karyana

 

Wakil mudir : Ust. Arif Maulana

 

Bendahara : Pak Abda

 

Sekertaris : Ust. Zainudin

 

Kesantrian : Ust. Fajar Firdaus

 

Kurikulum tahfizh : Ust. Dhamri

 

Kurikulum diniyyah : Ust. Marzuki Ansori

 

Keasramaan : Ust. Armia

 

Kebersihan : Ust. Abdul Fatahillah

 

Keamanan : – Pak Abidin

 

Logistik : pak Anjar

VISI DAN MISI

PONDOK TAHFIZH QURA’N AT TANMIA

 

VISI : MENCETAK GENERASI PARA PENGHAFAL AL QURAN YANG BERAKHLAK MULIA

 

MISI : 1. MEMBUKA PROGRAM TAHFIZH USIA DINI

 

  1. MEMBUKA PROGRAM MATERI PEMBELAJARAN DINIYYAH

SEPERTI : B. ARAB, FIQIH, SIRAH ,ADAB & AKHLAK

 

  1. MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DIDIK DALAM HAL-HAL YANG BERMUATAN POSITIF

 

  1. MENJALIN KERJASAMA ANTARA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN ORANG TUA WALI SISWA.

 

 

  1. MENYELENGGARAKAN ACARA-ACARA SEBAGAI SARANA PETUNJANG PENDIDIKAN YANG SALING MENYEMPURNAKAN.

PROGRAM PONDOK TAHFIZH AT TANMIA

  • v PROGRAM TAHFIZH USIA DINI
  • Program intensif/boarding

Adalah program mondok santri usia 9- 13 tahun,diharapkan dengan program ini santri mampu memaksimalkan potensi yang di milikinya dalam menyelesaikan program menghafal Al qura’n pada usia dini.

Dengan mengambil program intensif/ boarding seorang santri mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dibentuk oleh lembaga tahfizh qura’n At tanmia meliputi program tahfidzul quran dengan waktu KBM inti yaitu :

  • Pagi – sore ( pukul 07.30 – 14.00 wib )
  • KBM tambahan sore ( pukul 15.30- 14.30 wib)
  • Tahfizh mandiri malam hari ( pukul 20.00- 21.30 wib )

Dan meliputi kegiatan pembelajaran materi diniyyah pada malam hari diantaranya materi tahsin/tajwid Al qura’n,b. arab, fiqih,sirah serta kajian akhlak dan adab.

Selain program pembelajaran materi tersebut, diharapkan para santri intensif dan boarding mampu melatih kemandirian dan kedewasaan dalam berinteraksi sosial sehingga ruang lingkup pondok yang terbatas dapat menjadi sarana pembelajaran dan menggali pengalaman untuk bekal dirinya dimasa yang akan datang pada ruang lingkungan yang lebih besar terutama di masyarakat.

 

  • Program tahfizh semi intensif / full dayProgram semi intensif/ full day menawarkan sistem pembelajaran tahfidzul qura’n yang di ikuti oleh santri pada jam pembelajaran inti saja yaitu
  • Pagi – sore ( 07.30- 14.00 wib )

Dengan tiga target pencapaian setoran hafalan  yang harus di setorkan meliputi :

  • Setoran sabaq /hafalan baru
  • Setoran sabqi / mengulang hafalan yang belum genap 1 juz.
  • Setoran manzil / mengulang hafalan yang telah genap 1 juz sebanyak 5 halaman.
  • Setoran manzil lazimah / mengulang hafalan yang telah genap 1 juz sebanyak 1 juz.

 

Hanya saja pada program semi intensif ini santri tidak diberikan materi selain materi tahfidzul quran meliputi pembelajaran diniyyah yang telah di sebutkan pada program intensif/boarding.

Pada program ini santri di harapkan dapat menyelesaikan hafalannya 30 juz dalam ± 3 tahun setelah menyetujui surat pernyataan batas maksimal pembelajaran dengan ketentuan- ketentuan yang berlaku di dalamnya, sama halnya yang berlaku pada program intensif/ boarding dengan catatan batas maksimal belajar hanya berlaku bagi santri jenjang SMP,sedangkan santri jenjang SD maka kami berikan keringanan untuk mengikuti pembelajaran sampai jenjang smp selesai.

  • Program membaca dan menghafal leguler
  • Pada program leguler sistem yang kami terapkan tidak sama dengan sistem yang ada pada program intensif & semi intensif yang menitik beratkan pada program hafalan dengan target dan waktu yang telah ditentukan.
  • Program leguler yang kami buka adalah sebagai bentuk perhatian kami dalam memfasilitasi kebutuhan anak-anak kaum muslimin yang ingin menghafal Al quran sehingga dapat menjadi sarana untuk melanjutkan kepada program yang lebih intens lagi di dalam menghafal Al qura’n seperti yang kami tawarkan pada program intensif dan semi intensif.

Program yang kami berikan pada program leguler adalah tahsin dan tajwid Al quran sebagai langkah dalam memperbaiki bacaan Al qura’n serta menjadi modal kemampuan dalam menghafal selanjutnya.

Dalam program ini santri diberikan hafalan dengan sistem talaqqy ( bimbingan khusus dengan cara dituntun ) dan sistem penyeragaman hafalan dengan target hafalan yang telah di setujui oleh lembaga.

Kami juga menawarkan dua waktu pembelajaran program leguler yaitu

Hhh

  • Pagi ( pukul 07.30- 10.00 wib ) atau
  • Sore ( pukul 15.30 – 17. 30 wib ).

 

 

 

  • v PROGRAM EKSTRAKULIKULER
  • Olahraga

Program kesehatan dan melatih kekuatan jasmani adalah salah satu tuntunan dalam syariat islam karna sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah bahwa seorang muslim yang kuat adalah lebih baik daripada seorang muslim yang lemah ( al hadist ).

Sehingga kami mengharapkan bahwa santri yang kami didik selain memiliki ruh keimanan yang kuat dengan mempelajari ilmu-ilmu agama,tetapi ia memiliki dan di dukung oleh jasmani yang kuat juga sehingga mampu melahirkan para pejuang yang hebat yang berjihad dijalan Allah dengan ilmu dan tenaga.

Kegiatan olahraga yang kami fasilitasi di antaranya :

  • Futsal
  • Renang
  • Lari pagi
  • Dan bela diri.
  • Keterampilan

Salah satu penunjang dan sarana kelancaran dalam berdakwah adalah memiliki keterampilan dalam bentuk apapun yang bermanfaat, karna seorang muslim dituntut untuk memberikan kontribusinya demi kebaikan dalam agama islam, seorang da’i akan dituntut untuk menyampaikan ilmu nya dengan baik sehingga dapat diterima oleh manusia, seorang muslim juga akan sangat terpuji jika menjadi seorang hartawan yang berjihad dijalan Allah dengan hartanya dan seorang konseptor pendidikan akan sangat dibutuhkan demi kualitas pendidikan seorang muslim.

 

Ada beberapa kegiatan ekstrakulikuler keterampilan yang kami fasilitasi di antaranya :

  • Publik spiking / muhadharah/ ceramah
  • Belajar bercocok tanam
  • Daurah motivasi
  • v PROGRAM PEMBENTUKAN ORGANISASI SANTRI

Program pembentukan organisasi santri ma’had  At tanmia ( osmia ) telah resmi dibentuk pada tgl 5 januari 2018,dengan dilantik langsung  oleh Ust. Yana karyana selaku mudir ma’had At tanmia.

Dengan harapan bahwa para santri dapat belajar berorganisasi dan membentuk sebuah kerjasama khususnya dalam membantu program-program ma’had secara umum demi kemajuan santri itu sendiri.

Dengan struktur kepengurusan osmia meliputi :

Ketua osmia

Bag. Keamanan

Bag. Bahasa

Bag. Tarbiyah

Bag. Kemakmuran masjid.

Bag. Kebersihan

 

Sekali lagi dengan harapan bahwa santri memiliki keterampilan dalam bekerjasama dan menjadi seorang pemimpin yang terbiasa memikul tanggung jawab yang amanah.

 

 

  • v KEGIATAN IBADAH SOSIAL
  • Penyaluran daging qurban

Dari semenjak beberapa tahun ke belakang semenjak berdirinya ma’had tahfizh At tanmia,lembaga sudah mengadakan berbagai acara ibadah sosial di antaranya penyembelihan dan penyalurah daging hewam quran pada hari raya idul adha.

Dengan harapan dapat membantu dan berperan dalam mengarumkan serta menegakan syiar- syiar agama islam yang di nilai sebagai bentuk ibadah jalinan sosial sesama manusia. Hal ini juga di harapkan bahwa lembaga tahfizh ma’had  At tanmia dapat membawa pengaruh positif dan dapat diterima oleh lingkungan sekitar.

Maka dengan ini kami selaku pengurus lembaga tahfizh At tanmia membuka setiap tahunnya sarana penyaluran daging hewan qurban yang di laksanakan di dalam lokasi ma’had tahfizh At tanmia.

 

 

  • Kegiatan buka bersama di bulan puasa ramadhan & puasa sunnah senin dan kamis.

Salah satu kegiatan yang menjadi program kami di ma’had tahfizh At tanmia adalah mengadakan acara buka bersama baik di bulan ramadhan atau pun dibulan lainnya dalam rangka menjalankan ibadah sunnah puasa senin dan kamis.

Hal ini kami selenggarakan untuk memotivasi para santri dan kaum muslimin secara keseluruhan di dalam menjalankan ibadah- ibadah sunnah demi menjalankan syariat- syariat islam secara sempurna.

 

Untuk itu sebagai sarana kelancaran acara yang kami selenggarakan kami membuka donasi infak dalam bentuk apapun seperti :

  • Makanan
  • Minuman
  • Snack berbuka
  • Dan untuk kegiatan lainnya.

 

  • Kegiatan kajian ilmiyah dan pelaksanaan shalat jum’at.

Sebagai salah satu bentuk meninggikan syiar- syiar islam dan memakmurkan rumah-rumah Allah maka kami menyelenggarakan kegiatan- kegiatan yang mengharumkan syiar islam dalam bentuk kajian- kajian islam baik sistem tematik atau terpadu seperti pembelajaran B. arab dan materi kitab lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMBIAYAAN SETIAP PROGRAM  

  1. Rincian biaya penerimaan santri untuk program intensif dan semi intensif Ma’had tahfizh At tanmia, meliputi biaya

 

 

no Nama biaya Nominal biaya
1 Pendaftaran ( diserahkan saat pendaftaran )

 

Rp. 250.000.-
2 Infaq sewa bangunan ( program intensif )

Infak sewa bangunan ( program full day )*

 

RP. 8000.000.-

Rp.6000.000.-

3 Biaya seragam 3 stel ( gamis, jasko dan kaos olahraga ) Rp. 450.000.-
4 Biaya ujian akhir semester Rp. 50.000.-
5 Biaya ekstrakulikuler per- tahun

–         Olahraga renang

–         Olahraga futsal

 

Rp.350.000.-

Rp. 60.000.-

6 Buku butaba’ah ,buku evaluasi, syahadah

 

Rp. 150.000.-
7 Infak syahriyyah bulan pertama ( program intensif )

Infak syahriyyah bulan pertama  ( program full day )

Rp. 1000.000.-

 

Rp. 700.000.-

A.Total program intensif

B.Total program full day

Rp. 10.310.000.-

Rp.   8.010.000.-

*boleh diangsur

 

 

 

 

  1. Biaya program leguler
no Nama biaya Nominal biaya
1 Biaya seragam 2 stel ( gamis dan jasko )

 

Rp. 300.000.-
2 Buku mutaba’ah ,buku evaluasi, syahadah

 

Rp. 150.000.-
3 Infak syahriyyah

 

Rp. 300.000.-

 

4 Biaya ujian akhir semester Rp. 50.000.-
                                       Total Rp. 800.000.-

 

Klasifikasi pembayaran pembiayaan :

  1. Bulanan, meliputi :
  • Infak syahriyyah
  • Biaya ujian akhir semester ditunaikan boleh di awal atau di akhir semester.
  1. Tahunan, meliputi :
  • Infak sewa bangunan
  • Biaya seragam
  • Buku mutaba’ah, buku evaluasi an syahadah
  • Biaya ekstrakulikuler

 

 

 

 

 

 

 

PENERIMAAN SANTRI BARU MA’HAD TAHFIZH AT TANMIA

  • v PROSEDUR PENERIMAAN
  • Pendaftaran

Ma’had tahfizh At tanmia membuka pendaftaran calon santri baru dalam  setiap tahunnya pada semester pertama yang kami buka pada  bulan   januari – april untuk masa pembelajaran semester genap.

Adapun prosedur  pendaftaran adalah

  1. Datang langsung ke secretariat pendaftaran di ma’had tahfizh quran At tanmia.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  3. Membayar uang pendaftaran secara langsung pada waktu pendaftaran.
  4. Mengikuti tes seleksi pada waktu yang telah di tentukan.
  5. Melengkapi data- data yang diperlukan apabila calon santri diterima.
  6. Menunaikan pembayaran untuk pembiayaan program pembelajaran
  • Sistem pengetesan

Untuk sistem pengetesan kami bagi ke dalam dua gelombang pengetesan yaitu :

  • Gelombang I pada bulan maret
  • Gelombang II pada bulan april

( Berlaku untuk setiap tahunnya )

 

 

Adapun prosedur pengetesan adalah sebagai berikut :

  1. Calon santri mengikuti test seleksi di ma’had tahfizh At tanmia pada waktu yang telah di tentukan.
  2. Calon santri mengikuti pelaksanaan test selama 3 hari
  3. Calon santri diwajibkan membawa perlengkapan wajib seperti baju,sarung,peci dan gamis serta alat- alat mandi seperti handuk dan sabun.
  4. Ma’had sudah menyediakan sarana pengetesan dan penginapan selama test seperti guru pengetes termasuk ranjang,kasur,dan bantal.
  5. Santri boleh dijemput pada sore hari setelah ashar pada hari ke 3 dari pengetesan.

 

  • Aspek penilaian

Ada 3 aspek penilaian dalam pengetesan diantaranya :

  1. Test kemampuan bacaan standar menghafal

Bacaan standar yang akami maksud adalah bacaan yang dianggap memenuhi dua kriteria penting  yaitu mad & dengung.

Dalam hal ini para penguji telah memiliki kemampuan standar dalam pengetesan bacaan calon santri.

  1. Test kemampuan menghafal
  • Dalam tahap ini calon santri akan memiliki kesempatan untuk ujian kemampuan menghafal setelah memenuhi bacaan standar.
  • Calon santri akan di berikan materi test dengan target yang harus dicapai sebanyak satu halaman per hari
  • Standar kelulusan dalam menghafal adalah 70 persen dari target hafalan.
  • Calon santri wajib menyetorkan hafalan yang ia dapatkan pada setiap hari pengetesan.
  • Penilaian dengan sistem kalkulasi atau rata-rata point yang didapatkan selama 3 hari pengetesan.
  • Calon santri yang mendapatkan dibawah nilai standar kelulusan maka dinyatakan tidak lulus.
  • Pengumuman kelulusan akan diumumkan paling cepat 3 hari setelah masa ujian seleksi.
  1. Adab dan akhlak

Ini adalah aspek paling penting yang menentukan antara lulus atau tidaknya seorang calon santri,sehingga ke dua aspek sebelumnya tidak akan memenuhi standar kelulusan tes seleksi kecuali memenuhi aspek ke tiga yaitu mendapat penilaian yang baik dari sisi adab dan akhlak seorang calon santri. Hal ini karna kami menganggap bahwa adab dan akhlak  merupakan penentu keberhasilan seseorang dalam meraih target dan cita-citanya berupa kesungguhan, kesabaran,disiplin dan kerja keras.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM

MA’HAD TAHFIZH QURAN AT TANMIA

JATIRANGGA

TAHUN PELAJARAN 2018-/2019

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MA’HAD TAHFIZH QURAN AT TANMIA

Jl.lurah Namat Kel. Jatirangga, rt.02/rw.06. Kec. Jatisampurna – Bekasi.

 

LEMBAR PENGESAHAN

Kurikulum Ma’had Tahfizh Quran At tanmia 2018- 2019 ini telah disetujui dan di sahkan untuk di berlakukan, pada tanggal :

 

…………………………………

 

 

Oleh :

 

Ketua yayasan At tanmia                                                          Mudir ma’had

………………………..                                                                      ………………

 

Mengetahui,

Yayasan Pendidikan dan Dakwah At tanmia

 

…………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kirim Email