• Gabung dengan kami

    Raih Amal Jariyah

  • Peluang Jariyah

    23/08/2017

  • Hubungi Kami

    May Help Us

Muqaddimah

Alhamdulillah segala puja dan puji syukur hanyalah milik Allah, Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada suri tauladan kita Muhammad bin Abdullah 

Dalam hadits dari Jabir  Nabi  bersabda : “ Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia.” (HR. Bukhari, Baihaqi dan Thabrani).

Rasulullah mengkaitkan kebaikan seseorang dengan seberapa besar peran dirinya dalam aktifitas sosial kemasyarakatan, seberapa besar manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat karena peran dan keberadaannya. Ini artinya adalah bahwa pribadi yang shalih haruslah punya kontribusi untuk bisa menularkan kembali keshalihan yang telah ia peroleh kepada saudaranya yang lain sebagai bukti bahwa ia pun menginginkan untuk saudaranya seperti yang ia inginkan untuk dirinya dan keluarganya.

Jika dirinya adalah orang yang berilmu maka ia harus menjadikan dirinya bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya dengan ilmunya, jika dirinya adalah orang yang berharta maka ia harus menjadikan dirinya bermanfaat bagi masyarakatnya dengan hartanya dan demikianlah, semua orang harus bermanfaat bagi orang lain dalam kehidupannya.

Ketika seseorang acuh tak acuh dengan kondisi sekitarnya, hanya bisa mengeluh dengan kerusakan moral di lingkungannya, mengkritik kelompok masyarakat yang kurang beradab dan men-judge mereka dengan label-label bernada negative sedangkan dirinya tidak punya peran untuk perubahan mereka, sama saja artinya mereka rela hidup bertetangga dengan masyarakat yang sakit, memberikan lingkungan yang tidak baik untuk dirinya dan keluarganya.

“ Barangsiapa tidak peduli dengan urusan umat islam maka ia bukan termasuk dari golongan mereka. (Diriwayatkan Imam Ahmad dalam Musnadnya dan Imam thabrani dalam Al Ausath dan Mu’jam as shagir).

Berdasarkan pemikiran inilah, Yayasan Islam Attanmia Cibubur mencanangkan program ini guna ikut berpartisipasi dalam membangun ummat dan berusaha mewujudkan kembali izzatul islam wal muslimin.

Semoga Allah Ta’ala meridhai setiap usaha dan perjuangan ini, sehingga memberikan dampak positif yang maksimal Insya Allah.

II. LANDASAN

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah golongan yang beruntung” (Q.S. Ali Imran : 104).

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (Q.S. Fushilat : 33).

Rasulullah  bersabda:
“Barangsiapa menghilangkan kesulitan dari seorang mukmin maka Allah akan menghilangkan kesulitannya pada hari kiyamat, barangsiapa yang menutupi auarat seorang mukmin maka kelak Allah akan menutupi auratnya pada hari kiyamat, Allah akan senantiasa menolong hambanya selama hamba tersebut masih menolong saudaranya.” (Imam Baihaqi dalam Syu’abul Iman ) .

Sabda Rasulullah  :
“Wahai Ali, sungguh bila Allah memberi petunjuk kepada seorang saja lantaran kamu, itu lebih baik bagimu dari pada kamu mendapatkan onta merah.”

V. VISI
Berkontribusi dan bergerak secara aktif dalam membentengi akidah umat islam serta memberikan pemahaman yang lurus tentang agama islam kepada masyarakat awam di daerah Cibubur dan sekitarnya.

VI. MISI
1) Mengadakan kajian rutin dilingkungan masyarakat yang membutuhkan.
2) Menempatkan ustadz-ustadz yang kita tunjuk di daerah-daerah sasaran.
3) Pembinaan remaja masjid.
4) Pengentasan buta huruf qur’an
5) Pembinaan muallaf
6) Santunan anak-anak yatim.
7) Santunan janda-janda tua/jompo.
8) Pemberdayaan ekonomi umat lewat ekonomi makro.
9) Klinik pengobatan terjangkau dan gratis untuk masyarakat tertentu.
10) Mengadakan event-event tertentu di hari-hari besar islam.

VII. BENTUK KEGIATAN

Secara garis besar kegiatan ini akan mengacu kepada dua agenda utama; yaitu:

A. Pembinaan Umat

Kegiatan ini merupakan bentuk kesadaran para ikhwah alumni LIPIA dan Perguruan Tinggi lainnya yang ada di daerah Cibubur dan sekitarnya yang bertujuan untuk menjalin tali silaturahim dan ukhuwah Islamiyah sekaligus sebagai sarana dakwah kepada masyarakat awam dalam pemberantasan buta baca Al Qur’an dan kajian keIslaman.
Ada beberapa bentuk kegiatan yang sedang berjalan di kampung sawah yang dilaksanakan oleh Yayasan Tanmia, antara lain :
1) Mengadakan kajian rutin di lingkungan masyarakat yang membutuhkan
2) Menempatkan ustadz-ustadz yang kita tunjuk di daerah-daerah sasaran
3) Pembinaan remaja masjid Pengentasan buta huruf qur’an
4) Pembinaan muallaf Santunan anak-anak yatim
5) Santunan janda-janda tua/jompo
6) Pemberdayaan ekonomi umat
7) Mengadakan event-event tertentu di hari-hari besar islam
8) Beasiswa pendidikan untuk anak yatim
9) Distribusi zakat fitrah dan hewan kurban

A. SANTUNAN ANAK YATIM

Alhamdulillah kita sudah memiliki anak-anak yatim yang berasal dari jamaah pengajian yang telah kita bina selama ini yang tersebar di beberapa tempat, antara lain di Kranggan dan Kampung Sawah.

Adapun bentuk santunan yang ingin kita salurkan adalah sebagai berikut :
1) Beasiswa sekolah
2) Santunan sembako
3) Bingkisan lebaran

B. SANTUNAN MUALLAF

Santunan bagi muallaf merupakan kewajiban yang harus di penuhi dan di upayakan oleh kaum muslimin, oleh sebab itu Allah swt memberi jatah sebagai anggaran untuk mereka yang muallaf dalam al ashnaf atsamaniyah atau yang dikenal dengan “delapan golongan yang berhak menerima zakat”, yang di sebutkan dalam Al Qur’an Surat Attaubah ayat 60. salah satunya adalah Muallaf.

Mengingat kebanyakan dari pada muallaf sering kali mendapat ujian iman setelah mereka masuk islam, di antara mereka ada yang dikucilkan dari keluarga, dibuang (tidak diakui sebagai anggota keluarga), diupayakan agar dikeluarkan dari pekerjaannya bahkan ada diantara mereka yang mengalami penganiayaan fisik.

Melihat kondisiseperti di atas maka perlu kiranya mereka mendapat perhatian demi membantu mereka dalam menjalankan kehidupan baru dalam islam dengan memberikan sumbangan/ santunan berupa sembako dan dana untuk kebutuhan mereka sehari – hari.

C. SANTUNAN JANDA DAN JOMPO

Program ini

IX. KAFALAH DA’I (bantuan dana untuk para da’i).

Memberikan bantuan kepada para dai merupakan hal penting yang barangkali agak terabaikan belakang ini, padahal peran mereka sangatlah besar bagi ummat ini, membantu orang yang berdakwah sama pahalanya dengan berdakwah, diantara bantuan yang dapat kita berikan kepada mereka seperti, bantuan dana untuk keperluan pribadi mereka, buku referensi, Haji, Umrah, biaya sekolah, bantuan dana untuk menikah, dll.

X. WAKAF AL QURAN DAN BUKU IQRAA

Wakaf Al Qur’an dan buku Iqraa ini dinilai sangat penting karena masih banyak kaum muslimin yang belum mamiliki mushaf Al Qur’an dan belum pula bisa membacanya, maka dengan adanya wakaf Al Quran ini akan memudahkan kaum muslimin untuk mengenal kitab sucinya atau mempelajari isi dan bagaimana pula cara membacanya, mengingat masih banyak wilayah yang belum mendapatkan Al Quran maka program ini dianggap sangat penting untuk kita perhatikan.

XI. WAKAF SUMUR DAN TOILET

Kebutuhan ummat yang dinilai sangat penting juga adalah mengadakan fasilitas air bersih dan sanitasi, ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi dengan baik, tidak semua wilayah mudah mendapatkan air bersih, ada sebagaian wilayah mendapatkan air bersih sangatlah sulit, mereka harus berjalan bebrapa kilo meter baru mendapatkannya, dengan adanya sumur sebagai sumber air bersih tentu sangat bermanfaat bagi ummat.

XII. WAKAF LISTRIK TENAGA SURYA

Wilayah pedalaman yang jauh dari perkotaan dan jalan utama ditambah kontur tanah yang berbukit dan lembah membuat akses listrik sulit untuk didapatkan, mencari energi alternative adalah solusi yang tentunya sangat diharapkan, listrik dengan tenaga matahari adalah solusi penting bagi masyarakat pedalaman atau kepulauan, biaya yang dibutuhkan tidak besar dan in syaa Allah kaya manfaat, sehingga masjid, mushalla, pesantren, sekolah islam, rumah masyarakat dapat bercahaya di malam hari.

XIII. SANTUNAN SOSIAL

Di antara bantuan sosial yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut ini:

1) Distribusi daging kurban ke daerah-daerah minus. Adapun masjid yang telah berpartisipasi aktif diantaranya :
2) Distribusi zakat fitrah kepada para muallaf dan fakir miskin di kampung sawah
3) Pemberian santunan rutin kepada fakir miskin, janda tua/jompo, anak yatim dan muallaf
4) Pengobatan gratis/ terjangkau untuk masyarakat kecil.
5) Bazar murah, Sunatan massal, pelatihan-pelatihan

XIV. PESANTREN TANMIA
Dalam perjalanannya yayasan islam attanmia memiliki beberapa sekolah yang kami bina secara langsung, diantaranya adalah:
1) MAHAD AL ITQAN

Tujuan Mahad
 Mensyiarkan islam di wilayah pesantren dan sekitarnya  Menyiapkan pribadi yang berakhlaqul karimah  Menyiapkan da’i yang hafal Al-Qur’an  Menyiapkan da’i yang memiliki wawasan islam yang baik  Membantu masyarakat dalam pendidikan islam dengan mengutus santri yang telah lulus untuk berbakti di dalam masyarakat  Menyiapkan kader dakwah masa depan

2) TAHFIZH TANMIA
Pesantren ini dikhususkan untuk membina anak – anak usia dini antara 5 s/d 12 tahun untuk dididik menghafal Al Quran dan pribadi yang berakhlaq, baik kepada orang tua, keluarga, guru dan lingkungan masyarakatnya.
Alhamdulillah dalam perjalanannya pesantren ini semakin lama semakin baik, dan santri kita saat ini sudah mencapai 70 orang, 5 orang diantara mereka telah menyelesaikan hafalan Al Quran mereka 30 Juz, santri kita saat ini berasal dari berbagai daerah baik dari jawa, sumatra, sulawesi, kalimantan, dll.
Sudah 2 tahun berturut turut santri tanmia yang telang mengkhatamkan Al Qur’an diundang ke Malaysia untuk menjadi imam taraweh dan untuk sosialisasi program tahfizh untuk anak usia dini.

3) IBNU MAS’UD
Rumah Al Quran Ibnu Masud merupakan sebuah tempat yang kita siapkan untuk menghafal Al Qur’an dan Kitab Hadits Umdatul Ahkam yang berisi lebih dari 400 Hadits nabi yang berbicara tentang hukum, serta kajian kitab Kifauatul Akhyar.
Program ini dirancang khusus untuk mahasiswa LIPIA (lembaga ilmu pengetahuan islam dan arab), rumah Al Quran ini berada di Jatipadang pasar minggu, yang berjarak kira kira 1,5 KM saja dari Lipia.
Mahasiswa tinggal 24 Jam di rumah Al Quran ibnu Masud, mereka in syaa Allah akan menghafal Al Quran 30 Juz, dan menghafal kitab umdatul ahkam pula, alhamdulillah hingga saat ini rumah Quran ibnu masud sudah memeluluskan 5 orang hafizh.
Biaya operasional mahasiswa di rumah tersebut dibiayai oleh beberapa orang di antaranya Pengajian ibu – ibu diniyah Jatipadang, alhamdulillah Allah memeberikan kemudahan kepada kami sehingga ringan kami jalankan tugas mulia ini.
Mahad ini terletak di Jatipadang, pasar Minggu, Jaksel

XII. ALAMAT
Kantor Utama
Mahogany Residence blok A no 6, Jalan Alternativ Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jabar. Telephon : 085215100250
Rekening, 924 842 0252, a/n: Bukhari. Bank Muamalat

Kantor Cabang
Puri Pesona, blok B no 6, Kampung sawah, bekasi, jawa barat
Telephone : 085786566657/085772542590